Faktor yang Mempengaruhi Kadar Gula Darah Meningkat


Menjaga kadar gula darah normal sangatlah penting, tidak hanya untuk penderita penyakit diabetes juga namun siapapun juga yang ingin menjaga kesehatannya. Anda sebaiknya perlu menyadari tentang faktor-faktor yang mempengaruhi meningkatnya kadar gula darah.
  • Pemanis buatan
Sebuah penelitian di negara Israel telah menunjukkan bahwa pemanis buatan ini mampu menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Saat peneliti memberikan pemanis buatan pada seekor tikus percobaan, mereka memiliki kadar gula darah lebih tinggi dari pada seekor tikus yang meminum air putih, bahkan air dengan gula sekalipun.

Peneliti dapat menurunkan kadar gula darah hewan dengan memberikan antibiotik, yang mengindikasikan bahwa pemanis buatan ini bisa mengubah bakteri usus. Hal tersebut bisa mempengaruhi tubuh saat memproses glukosa.

Penelitian lanjutkan dengan 400 partisipan tim peneliti telah menemukan bahwa pengguna pemanis buatan dalam jangka panjang cenderung memiliki tingkat gula darah puasa lebih tinggi.
  • Melewatkan sarapan
Berdasarkan penelitian pada tahun 2013, seorang wanita gemuk yang tidak sarapan memiliki tingkat insulin dan kadar gula darah lebih tinggi setelah makan siang beberapa jam kemudian dari pada saat mereka sarapan.
  • Makanan tinggi lemak
Penderita penyakit diabetes mungkin akan khawatir dengan kandungan karbohidrat dalam jenis makanan mereka, namun studi terbaru telah menunjukkan bahwa kandungan lemak juga bisa mempengaruhi kadar gula dara.
  • Secangkir kopi
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kebiasaan meminum kopi ini bisa menurunkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 dalam jangka panjang. Namun bagi yang sudah menderita penyakit diabetes, kafein ini sangat tidak diajurkan.
  • Infeksi
Entah itu pilek, flu atau bahkan infeksi saluran kemih sistem kekebalan tubuh anda melepaskan kuman untuk melawatkan zat kimia khususnya yang bisa membuat gula darah berantakan.
  • Merokok
Jelas bahwa kebiasaan merokok ini tidak sehat bagi tubuh, namun tokok pastinya sangat berbahaya bagi penderita penyakit diabetes. Sebuah studi yang dilakukan di California State Polytechnic Universiti pada tahun 2011 menemukan bahwa semakin banyak nikotin yang terpapar dalam tubuh, semakin tingkat A1C-nya (ukuran kontrol gula darah).
  • Kurang tidur
Tidur yang berkualitas di malam hari mungkin hanya obat yang dokter kasih, Khususnya apabila anda memiliki diabetes khawatir terhadapnya.

Sebuah penelitian di Belanda telah menunjukkan, pasien diabetes tipe 1 yang hanya tidur selama 4 jam sensitivitas insulin mereka menurun 20% dibandingkan saat mendapat jam tidur yang penurh.

Faktor yang Mempengaruhi Kadar Gula Darah Meningkat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: obatherbal

0 komentar:

Posting Komentar