Faktor Penyebab dan Gejala Diabetes Melitus

Diabetes atau penyakit gula darah atau juga sering disebut dengan kencing manis. Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang memiliki tanda awal seperti meningkatnya kadar gula di dalam tubuh akibat adanya gangguan terhadap sistem metabolisme pada tubuh. Diabetes ini didak bisa disembuhkan namun kadar gula daran ini mampu di kontrol.

Diabetes bisa terjadi dikarenakan dikarenakan akibat kurangnya insulin, insulin ini merupakan zat yang dihasilkan pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga bisa menjadi energi. Namun makanan yang dikonsumsi tidak akan bisa menolong, karena gula di dalam darah tetap tidak bisa diproses menjadi tenaga secara normal. Bahkan kadarnya akan terus meningkat. Peristiwa ini dapat disebut dengan Hiperglikimia, yaitu perempun glukoas gang terjadi di dalam darah.


Penyebab diabetes melitus


Penyebab diabetes melitus yang paling utama adalah gaya hidup dan pola makan yang buruk, yaitu gaya hidup dan pola makan yang banyak namun tidak seimbang dengan aktivitas contohnya jarang berolahraga dan lain-lain. Dengan terganggunya sistem produksi hormon insulin pada organ pankreas, maka seluruh makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh tidak akan bisa dikendalikan dan akhirnya terjadi penumpukan gula atau glukosa dalam darah.

Gejala diabetes melitus


Penderita selalu ingin buang air kecil secara terus menerus. Biasanya dengan jumlah urin yang banyak dari pada orang yang normal.

1. Tubuh lemah, lesu dan tidak memiliki semangat, selalu merasa ngantuk dan ingin tidur.

2. Penderita cepat merasa lelah dan biasanya tidak akan mampu melakukan pekerjaan yang berat.

3. Penderita penyakit diabetes berat badannya turun drastis tanpa ada alasan yang jelas, padahal penderita tidak sedang melakukan proses diet.

4. Nafsu makan yang meningkat. Penderita gula darah mudah merasa lapar kapan saja.

5. Nyeri kesemutan pada tangan dan kaki.

6. Selalu merasa haus dan ingin terus meminum air, seperti terkena dehidrasi.

7. Permukaan kulit mudah terkena infeksi

8. Penglihatan terganggu

9. Saat penderita diabetes mengalami luka pada permukaan kulitnya akan sangat sulit untuk disembuhkan

10. Gatal-gatal pada permukaan kulit

11. Kaki membengkak.

Faktor Penyebab dan Gejala Diabetes Melitus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: obatherbal

0 komentar:

Posting Komentar