Manfaat Tumbuhan Brotowali Untuk Atasi Diabetes


Tumbuhan brotowali yang memiliki nama lain Tinospora crispa merupakan sejenis tumbuhan perdu yang menjalar, melingkar dan melilit. Tumbuhan brotowali ini sudah sangat terkenal dengan khasiatnya sebagai obat tradisional diabetes. Selurun bagian tumbuhan ini bisa digunakan sebagai obat. Walaupun rasanya yang sangat pahit, namun akan tetapi khasiat didalam kandungan tumbuhan brotowali ini sangat dahsyat sekali.

Zat yang terdapat didalam kandungan brotowali ini adalah alkaloid, pati, damar lunak, glikosida, zat pahit pokroretin, pikroretosid, palmatin, kokulin dan kolumbin. Efek farmakologis dari tumbuhan brotowali ini diantaranya adalah untuk menghilangkan rasa sakit, penurun panas, dan melancarkan meridian.

Manfaat tumbuhan daun brotowali untuk kesehatan

  • Anti-diabetes

Ekstrak air dan etanol daun, batang dan akar brotowali ini diberikan pada tikus diabetes mengakibatkan penurunan kadar glukosa darah yang mirip dengan glibanclamide dan insulin, namun tergantung dengan dosisnya. Dalam percobaan yang sama, serum dan kolesterol jaringan, fosfolipid dan asam lemak bebas juga berkurang. Namun percobaan klinis pada manusia masih belum teruji.
  • Anti-oksidan

Dalam studi vitro telah menunjukkan penghambatan peroksidasi lipid, penghambatan aktivitas nitrat oksida sintase dan penangkapan radikal oksida nitrat bebas, serta generasi superoksida dan radikal hidroksil.
  • Antidepresan

Brotowali menunjukkan aktivitas antidepresan, yang melalui penghambatan aktivitas monoamine oxidase.

Manfaat Tumbuhan Brotowali Untuk Atasi Diabetes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: obatherbal

1 komentar:

  1. Daun insulin (daun yakon) juga bantu untuk turunkan kadar gula darah.

    Klik http://berkhasiat.web.id/jualan/diabetes-herbal-kapsul-yakon-plus/ untuk jelasnya...

    Atau langsung 0813-80-262524 (Ryan) SMS/WhatsApp/Telegram/Line



    BalasHapus