Manfaat Tumbuhan Sambiloto Untuk Atasi Diabetes


Sambiloto yang memiliki nama lain Andrographis pancilucata ini telah digunalan selama berabad-abad oleh berbagai negara seperti india, indonesia, chona, thailand dan negara asia lainnya sebagai tumbuhan herbal untuk meningkatkan imun dan mengobati demam. Sambiloto merupakan tumbuhan dengan tinggi 30-110cm yang hanya tumbuh di India, china dan negara asia tenggara. Sambiloto memiliki ciri khas dengan rasanya yang sangat pahit sehingga dijuluki sebagai "King of bitter".

Khasiat dan Manfaat Sambiloto


  • Anti Diabetes

Zat etanolik pada sambiloto bisa mencegah terjadinya hiperglikemik dan menurunkan stress oksidatif berdasarkan dari percobaan pada tidus diabetes. Sedangkan penelitian lain yang memberikan herbal dengan fortifikasi sambiloto sebanyak 50mg dan 100mg selama 60 hari menunjukkan penurunan gula darah secara signifikan, meningkatkan kadar insulin plasma dan glikogen hepatik serta hemoglobin total.

  • Anti-inflamasi

Sambiloto memiliki kandungan dehidroandrografollida, neoandrografolida dan andropolida yang mengurangi produksi histamin, dimetiol benzena dan adrenalin. Dehidroandrografolida bisa meningkatkan sintesis dan pengeluaran hormon ACTH di kelenjar potutari. ACTH memiliki fungsi sebagai pengeluar sinyal untuk membuat kortisol, yaitu anti-inflamasi alami.

  • Menyembuhkan Diare

Menurut sebuah penelitian bakteri terhadap diare akut ini bisa diobati dengan mengonsumsi ekstrak sambiloto 500mg sebanyak 3 kali sehari selama 6 hari. Komponen andrografolida dan neoandrografolida berperan dalam mengatasi diare.

  • Membantu Pengobatan HIV

Andrograpolida mampu mencegah transmisi virus ke sela lain dalam tubuh dan menghentikan perkembangan penyakit dengan mengubah sinyal antar sel.

  • Anti Malaria

Ekstrak metanol dari sambiloto menunjukan aktivitas melawan Plasmodium berghei salah satu parasit transit malaria. Ekstrak metanolik ini mampu mencegah terjadinya multiplikasi parasit. Selain itu ekstrak sambiloto juga sangat efektif untuk mematikan jamur dan bakteri berbahaya menurut berbagai penelitian.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Ekstrak sambiloto bisa memperlambat waktu pembentukan plak yang menyebabkan pembuluh darah tersumbat, membantu proses alami pelarutan plak dan menghaluskan otot peredaran darah.

Manfaat Tumbuhan Sambiloto Untuk Atasi Diabetes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: obatherbal

0 komentar:

Posting Komentar